saya sangat bersyukur karena sudah bayar iuran, namun sekiranya saya menjadi "korban ketidaktahuan" atas perubahan klausul license yang mengakibatkan otomaX macet beberapa jam... saya sangat bisa memahami suasana kebatinan kawan2 yg menjadi "korban ketidaktahuan" itu yang hebat meradang... serasa ditikam dari belakang
harusnya sebelum kebijakan "TEGAS" ini diterapkan, jauh2 hari sudah ada warning peringatan tentang kebijakan SUSPEND
dan jika memang aturan ini harus berlaku surut, mestinya ada kebijakan "pemutihan" atas beban iuran yang terakumulasi... tidak harus 100% atau ada kebijakan tenggat waktu 2-3 bulan untuk mengangsur..., karena untuk yg menunggak 2-3 tahun dan memiliki lebih dari 1 software tentu akumulasi iuran terhutang jumlahnya cukup banyak... dan para "korban ketidaktahuan" ini seperti petinju yg terpojok di sudut ring tanpa pilihan... bayar sekarang atau server tutup?! saya -alhamdulillah- tidak mengalaminya, tp kondisi kawan2 itu terdengar kejam sekali dan tentu sangat menjengkelkan...
dan sepertinya ada "kerancuan" antara beli dan sewa... sebagian pengguna otomaX merasa telah membeli dengan kewajiban pembayaran iuran yang tidak mengikat -ga bayar ga dapat update, itu resiko yang harus ditanggung... saya termasuk yang berpendapat demikian; kondisi terkini mungkin mengharuskan developer merubah beberapa klausul... namun bukankah lebih elok jika perubahan itu dibicarakan?? saya tidak ingin masing2 pihak terpaku pada aturan legal formal, terlebih selama sekian tahun bersama otomaX suasana forum ini bagi saya terasa lebih menyerupai hubungan sebuah keluarga ketimbang hubungan bisnis semata2.. semua hal bisa dibicarakan dengan hati tenang dan pikiran terbuka
terakhir saya hanya bisa berkata, urusan muamalah hendaknya kita berhati2 karena apa2 yang kita ambil dari hak orang lain pada akhirnya akan Allah ambil kembali mungkin dengan cara yang lebih menyakitkan, naudzubillahi min dzalik