Author Topic: Jadilah Bodoh  (Read 10576 times)

AbiTamim

  • Dealer OtomaX
  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,976
Jadilah Bodoh
« on: May 15, 2010, 07:48:06 AM »
Oleh-oleh dari silaturrahim ke forum tetangga

Perbandingan Bodoh VS Pintar ala Bob Sadino

1. Ide
Orang pintar
Orang "pintar" biasanya banyak ide, bahkan mungkin telalu banyak ide, sehingga tidak satupun yang menjadi kenyataan.

Orang Bodoh
Sedangkan orang "bodoh" mungkin hanya punya satu ide dan satu itulah yang menjadi pilihan usahanya

2. Keberanian untuk memulai
Orang pintar
Orang "pintar"telalu banyak pertimbangan.

Orang bodoh
Orang "bodoh"biasanya lebih berani dibanding orang "pintar", kenapa ? Karena orang "bodoh"sering tidak berpikir panjang atau banyak pertimbangan. Dia nothing to lose.  

3. Analisa
Orang pintar
Sebagian besar orang "pintar"sangat pintar menganalisis. Setiap satu ide bisnis, dianalisis dengan sangat lengkap, mulai dari modal, untung rugi sampai break event point.

Orang bodoh
Orang "bodoh"tidak pandai menganalisis, sehingga lebih cepat memulai usaha.

4. Keinginan Sukses
Orang pintar
Orang"Pintar" merasa mampu melakukan berbagai hal dengan kepintarannya termasuk mendapatkahn hasil dengan cepat.

Orang bodoh
Orang "bodoh" merasa dia harus melalui jalan panjang dan berliku sebelum mendapatkan hasil.

5. Tentang Mimpi
Orang pintar
Orang "Pintar" berlogika sehingga bermimpi sesuatu yang secara logika bisa di capai.

Orang bodoh
Orang "bodoh"tidak perduli dengan logika, yang penting dia bermimpi sesuatu, sangat besar,bahkan sesuatu yang tidak mungkin dicapai menurut orang lain.

6. Pendidikan
Orang pintar
Orang "Pintar"menganggap, untuk berbisnis perlu tingkat pendidikan tertentu.

Orang bodoh
Orang "Bodoh" berpikir, dia pun bisa berbisnis.


7. Berpikir Negatif Sebelum Memulai -
Orang pintar
Orang "Pintar" yang hebat dalam analisis, sangat mungkin berpikir negatif tentang sebuah bisnis, karena informasi yang berhasil dikumpulkannya sangat banyak.

Orang pintar
Orang "bodoh" tidak sempat berpikir negatif karena harus segera berbisnis.

8. Maunya Dikerjakan Sendiri -
Orang pintar
Orang "Pintar" berpikir "aku pasti bisa mengerjakan semuanya",

Orang pintar
Orang "bodoh" menganggap dirinya punya banyak keterbatasan, sehingga harus dibantu orang lain.

9. Miskin Pengetahuan Pemasaran dan Penjualan -
Orang pintar
Orang "Pintar" menganggap sudah mengetahui banyak hal, tapi seringkali melupakan penjualan.

Orang bodoh
Orang "bodoh" berpikir simple, "yang penting produknya terjual".

10. Tidak Fokus -
Orang pintar
Orang "Pintar" sering menganggap remeh kata Fokus. Buat dia, melakukan banyak hal lebih mengasyikkan.

Orang pintar
Orang "bodoh"tidak punya kegiatan lain kecuali fokus pada bisnisnya.

11. Tidak Peduli Konsumen -
Orang pintar
Orang "Pintar" sering terlalu pede dengan kehebatannya. Dia merasa semuanya sudah Oke berkat kepintarannya sehingga mengabaikan suara konsumen.

Orang bodoh
Orang"bodoh"?. Dia tahu konsumen seringkali lebih pintar darinya.

12. Abaikan Kualitas -
Orang pintar
Orang "pintar" sering mengabaikan kualitas, karena sok tahu.

Orang bodoh
Orang "bodoh" kadang-kadang saja mengabaikan kualitas karena memang tidak tahu, maka
tinggal diberi tahu bahwa mengabaikan kualitas keliru.

13. Tidak Tuntas -
Orang pintar
Orang "Pintar" dengan mudah beralih dari satu bisnis ke bisnis yang lain karena punya banyak kemampuan dan peluang.

Orang bodoh
Orang "bodoh"mau tidak mau harus menuntaskan satu bisnisnya saja.

14. Tidak Tahu Pioritas -
Orang pintar
Orang "Pintar" sering sok tahu dengan mengerjakan dan memutuskan banyak hal dalam waktu sekaligus, sehingga prioritas terabaikan.

Orang bodoh
Orang "Bodoh"? Yang paling mengancam bisnisnyalah yang akan dijadikan pioritas

15. Kurang Kerja Keras dan Kerja Cerdas -
Orang pintar
Kebanyakan orang "Pintar" malas untuk berkerja keras dan sok cerdas,

Orang bodoh
Banyak orang "Bodoh" yang hanya mengandalkan semangat dan kerja keras plus sedikit kerja cerdas, menjadikannya sukses dalam berbisnis.

16. Mencampur adukan Keuangan -
Orang pintar
Seorang "pintar" sekalipun tetap berperilaku bodoh dengan dengan mencampuradukan keuangan pribadi dan perusahaan.

17. Mudah Menyerah -
Orang pintar
Orang "Pintar" merasa gengsi ketika gagal di satu bidang sehingga langsung beralih ke bidang lain, ketika menghadapi hambatan.

Orang bodoh
Orang "Bodoh" seringkali tidak punya pilihan kecuali mengalahkan hambatan tersebut.

18. Melupakan Tuhan -
Orang pintar
Kebanyakan orang merasa sukses itu adalah hasil jarih payah diri sendiri, tanpa campur tangan "TUHAN".

Orang bodoh
Mengingat TUHAN adalah sebagai ibadah vertikal dan menolong sesama sebagai ibadah horizontal.

19. Berperilaku Buruk -
Orang pintar
Setelah menjadi pengusaha sukses, maka seseorang akan menganggap dirinya sebagai seorang yang mandiri. Dia tidak lagi membutuhkan orang lain, karena sudah mampu berdiri diats kakinya sendiri.
« Last Edit: May 15, 2010, 07:55:50 AM by AbiTamim »
Pengumuman : Bagi teman-teman server yg dulu pernah gabung h2h di saya NajaCell & JalaPulsa bila masih ada deposit silahkan transaksi atau ajukan refund
Selengkapnya kontak NoHP/WhatsApp/Telegram : 082140609087
Telegram : @OtomaXDealer

bralingtronik

  • User OtomaX
  • Full Member
  • ***
  • Posts: 928
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #1 on: May 15, 2010, 07:57:48 AM »
Mantafff...!
Pak Kyai hebat juga ya
BRALING COMPUTER MALANG
0341-7766990 / 081334987766
PIN BB =53647EA5 & 2A4E0DEA
YIM : braling_computer
http://forum.orisinil.com/index.php?topic=492.0

MEGACELL

  • User OtomaX --
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 208
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #2 on: May 15, 2010, 08:12:40 AM »
saluteeee pak bos......

RieNDya_MulTiTrX

  • User OtomaX
  • Full Member
  • ***
  • Posts: 971
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #3 on: May 15, 2010, 10:36:23 AM »
tapi kebanyakan orang bodoh yg sok pintar,,jarang yg ada org pintar mau sok bodoh wkwkwkwkw

piiiss pak haji wkwkwkw,,

muantap dech pak haji  ;) :) ;D :D

seperti provider yg wrnnya BIRU saya baru dpt kabar dari salesnya ktnya; "seandainya 2011 nanti simonyet biru itu bisa mengalahkan simerah maka peraturan2 yg dibuatnya semua akan di berlakukan dan seluruh chip simoyet biru akan di tarik dari server"

wew,, :o :o blm jadi yg pertama sdh begini gimana klo dia yg pertama ya,,,? ??? ???
Telegram CS :
08981154682

Telegram Channel :
https://t.me/joinchat/AAAAAEV1aRlxxuizgufoeQ

bungale84

  • User OtomaX
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 147
  • keep learning
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #4 on: May 15, 2010, 10:49:06 AM »
tapi di agama khan kita disuruh pintar pak bos, biar naik derajatnya. kalo pak bos gak pintar, aku yakin gak bisa nulis artikel itu :-D  :D
keep learning

didiek

  • User OtomaX --
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 2,043
  • semoga langkah kaki selalu menuju jalan yg benar
    • SmartReload88
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #5 on: May 15, 2010, 12:14:53 PM »
mungkin yg dimaksud "pintar" yg buruk disini adalah pintar secara intelektual namun bodoh secara spiritual; sekarang kan lagi in istilah SQ selain IQ bahkan juga EQ untuk kecerdasan emosional.. kalo ketiga-tiganya ada dan ok.... wuih mantep pisan euy!

yg parah itu kalo bodoh ketiga-tiganya... wis ampun! wong Jowo bilang "gedabrus thok!"  ;D
Toko  : Jl Bunga Cengkeh 59c (0341)7023232  Rumah: Puskopad A-16 Singosari (0341)457614 Malang
Telp    : 03417742743  SMS: 081233182223, 085736002223, 08885545882 (WhatsApp) BB 30b118c5

Want to know everything about me Gabung ke group SmartReload88
http://smartreload88.com dan http://malang-grosir.com

KIPLI

  • User OtomaX
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 107
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #6 on: May 15, 2010, 12:37:47 PM »
kalo menurut kata2 orang jawa yang pernah saya dengar
ojo dadi wong pinter seng senengane minteri tp dadio wong gendeng tapi seng ngerti
kalo di pikir2 kata2 orang jawa di atas itu banyak sekali lho artinya
nym topup. OID: 27412281938d2dc4652740c3e8cf50
dari otomax DEMO semoga bisa ke ADVANCE, A..MII..N
suport by;
 *Windows xp sp3
 *Intel(R) Core(TM)2 Duo CPU  E7500 @2.93GHz.
 *Backup listrik : ups modif + genset
 *Inet Indosat m2.
 *ym cs : cs_nymtopup@yahoo.com
berdomisili di DEMAK plosok sambiroto gajah.

KASINDO

  • User OtomaX
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 182
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #7 on: May 15, 2010, 02:18:45 PM »
dadi menungso sing iso rumangso ojo rumangsa bisa (jadilah manusia yang bisa merasa, jangan merasa bisa) mungkin begitu ya pak kyai
Kasindo Reload
OID: 1020244097850b8fdaa9abd01284d7
Alamat : Griya Permata Meri E1/15 Mojokerto
YM CS : kasindo_reload, Tele 085735541111
BERSAMA KAMI SEMUA JADI MUDAH

Suman

  • User OtomaX
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 415
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #8 on: May 15, 2010, 04:07:14 PM »
kalo menurut pengamatan saya , pintar dan cerdas itu serupa tapi tak sama

pintar , erat kaitannya dengan pengetahuan
cerdas , erat kaitannya dengan pengamatan dan pengamalan

orang pintar belum tentu cerdas , tapi orang cerdas bisa seolah2 pinter , istilah santrinya ilmu laduni....bisa tahu tanpa belajar.
Padahal belajar tidak harus secara akademik , alam banyak menyediakan sarana untuk pembelajaran.

tapi idealnya tetap pintar + cerdas. Kita sampai saat ini masih terjajah dan miskin juga karena kebodohan itu.

so....keep fight until the end....bushido spirit. Jangan mau jadi bodoh , apalagi dibodohin.

nyuwun sewu pak , hanya menyampaikan uneg2 ,...melihat nasib sodara2 kita
HOT LINE : 0822 4233 7890   2A7FF480

bralingtronik

  • User OtomaX
  • Full Member
  • ***
  • Posts: 928
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #9 on: May 15, 2010, 04:40:01 PM »
Sebaiknya

- Merasa bodoh apa merasa pinter?
- Orang bodoh yang dianggap pinter, apa orang pinter yang dianggap bodoh?
- Orang bodoh yang sukses, apa orang pinter yang bekerja untuk orang bodoh?

Mohon pencerahannya para juragan!
Trims
BRALING COMPUTER MALANG
0341-7766990 / 081334987766
PIN BB =53647EA5 & 2A4E0DEA
YIM : braling_computer
http://forum.orisinil.com/index.php?topic=492.0

AbiTamim

  • Dealer OtomaX
  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,976
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #10 on: May 15, 2010, 04:44:24 PM »
bodoh opo pinter sing penting seger kuwarasan, murah sandang pangan
Ing ndonyo mulyo, mati mlebu suargo  ;D
Pengumuman : Bagi teman-teman server yg dulu pernah gabung h2h di saya NajaCell & JalaPulsa bila masih ada deposit silahkan transaksi atau ajukan refund
Selengkapnya kontak NoHP/WhatsApp/Telegram : 082140609087
Telegram : @OtomaXDealer

bralingtronik

  • User OtomaX
  • Full Member
  • ***
  • Posts: 928
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #11 on: May 15, 2010, 04:57:39 PM »
bodoh opo pinter sing penting seger kuwarasan, murah sandang pangan
Ing ndonyo mulyo, mati mlebu suargo  ;D

Lha kalo tidak tahu dan tidak sadar kalo dirinya bodoh, apa bisa kesana pak kyai???
bukankah segala sesuatu harus ada ilmunya??
BRALING COMPUTER MALANG
0341-7766990 / 081334987766
PIN BB =53647EA5 & 2A4E0DEA
YIM : braling_computer
http://forum.orisinil.com/index.php?topic=492.0

AbiTamim

  • Dealer OtomaX
  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,976
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #12 on: May 15, 2010, 05:12:13 PM »
orang nggak tahu banyak macamnya, salah satunya darinya, bisa meloloskan dari segala hisab
Pengumuman : Bagi teman-teman server yg dulu pernah gabung h2h di saya NajaCell & JalaPulsa bila masih ada deposit silahkan transaksi atau ajukan refund
Selengkapnya kontak NoHP/WhatsApp/Telegram : 082140609087
Telegram : @OtomaXDealer

AbiTamim

  • Dealer OtomaX
  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,976
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #13 on: May 15, 2010, 05:14:13 PM »

orang nggak tahu banyak macamnya, salah satunya darinya, bisa meloloskan dari segala hisab

Sing ngumpul ndek Lawang kae...... akeh sing Free tiket surga   ;D
Pengumuman : Bagi teman-teman server yg dulu pernah gabung h2h di saya NajaCell & JalaPulsa bila masih ada deposit silahkan transaksi atau ajukan refund
Selengkapnya kontak NoHP/WhatsApp/Telegram : 082140609087
Telegram : @OtomaXDealer

outhoink

  • User OtomaX --
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 260
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #14 on: May 15, 2010, 08:48:05 PM »
para master berdiskusi niebie cuman numpang lewat. wasalam..

Suman

  • User OtomaX
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 415
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #15 on: May 16, 2010, 03:12:49 PM »

orang nggak tahu banyak macamnya, salah satunya darinya, bisa meloloskan dari segala hisab

Sing ngumpul ndek Lawang kae...... akeh sing Free tiket surga   ;D


 ;D ;D ;D..........nggak tahu atau gak mau tahu ?
                      nggak tahu atau tahu tapi gak peduli ?
                      nggak tahu atau tahu tapi mati rasa ?

Jangan2 bukannya tidak tahu , tapi tidak punya nurani

HOT LINE : 0822 4233 7890   2A7FF480

bralingtronik

  • User OtomaX
  • Full Member
  • ***
  • Posts: 928
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #16 on: May 16, 2010, 03:51:48 PM »

orang nggak tahu banyak macamnya, salah satunya darinya, bisa meloloskan dari segala hisab

Sing ngumpul ndek Lawang kae...... akeh sing Free tiket surga   ;D


 ;D ;D ;D..........nggak tahu atau gak mau tahu ?
                      nggak tahu atau tahu tapi gak peduli ?
                      nggak tahu atau tahu tapi mati rasa ?

Jangan2 bukannya tidak tahu , tapi tidak punya nurani



Kalo mmg bener2 gak tahu, masak dipaksa tahu bozz??
btw tahu apa ya?? saya malah gak tahu??  ;D ;D
BRALING COMPUTER MALANG
0341-7766990 / 081334987766
PIN BB =53647EA5 & 2A4E0DEA
YIM : braling_computer
http://forum.orisinil.com/index.php?topic=492.0

RieNDya_MulTiTrX

  • User OtomaX
  • Full Member
  • ***
  • Posts: 971
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #17 on: May 16, 2010, 05:53:54 PM »
mungkin krn ngga tau,,kita semua ikut ngga tau bos,,,  ;D :D ;)

jadi siapa yg tau,,klo semuanya ngga tau  :o :o
Telegram CS :
08981154682

Telegram Channel :
https://t.me/joinchat/AAAAAEV1aRlxxuizgufoeQ

AbiTamim

  • Dealer OtomaX
  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,976
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #18 on: May 16, 2010, 08:59:59 PM »
 :D :D :D
Pengumuman : Bagi teman-teman server yg dulu pernah gabung h2h di saya NajaCell & JalaPulsa bila masih ada deposit silahkan transaksi atau ajukan refund
Selengkapnya kontak NoHP/WhatsApp/Telegram : 082140609087
Telegram : @OtomaXDealer

bralingtronik

  • User OtomaX
  • Full Member
  • ***
  • Posts: 928
Re: Jadilah Bodoh
« Reply #19 on: May 16, 2010, 09:41:17 PM »
Hehehe, barusan nonton siaran langsung AREMA VS PERSISAM, ikut2 an demam ISL,  tadi seluruh jalanan kota malang sepi, semua warga asyik nonton arema di rumahnya masing2, ato ngumpul di stadion kanjuruan.

Mungkin begini bozz, kalo berdasarkan definisi yang berlaku umum, istilah bodoh disini mungkin sulit diterima, tidak ada seorangpun yang mau disebut orang bodoh, coba istilah ini anda lontarkan ke temen ato keluarga anda, bisa2 ada hadiah bogem mentah yang segera mendarat manis di wajah mulus anda hahahaha

Tetapi apa yang disampaikan oleh AL MUkharom Kyai Haji Abi Tamim ini penuh muatan filosofi dengan majas tertentu, sehingga untuk memahaminya pun tidak cukup dengan sudut pandang leksikal saja, sehingga tidak terjebak oleh istilah dan sebutan.

Karena saya bukan dari kalangan akademisi, ilmuwan, agamawan, maupun kaum filosfof dan sejinisnya, saya mencoba coment sesuai maqom saya, ada istilah "Di ATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT" kalo diartikan memang seharusnya kita tetap harus merasa bodoh, karena mungkin ada orang lain yang jauh lebih hebat dari kita. sehingga kita tidak sombong kemampuan kita.

Sedikit menetralisir, NO BODy PERFECT, tidak ada manusia yang sempurna, tidak ada orang yang mampu mengusai semua bidang. Orang yang pandai dalam bidang tertentu, belum tentu mahir dalam bidang yang lain. Sebutan PIntar dan bodoh pun masih relatif, sesuai kontek masing2, Mahasiswa yang nilai matematika nya Jelek, tapi NIlai yang lain bagus, tidak bisa dikatakan bodoh bukan? ada Indek Prestasi Kumulatif yang mengukur kemampuan akademis seseorang.

Beberapa komparasi antara si pintar dan si bodoh yang dipaparkan oleh sang kyai di halaman awal, kalo diliat dari kacamata lain mungkin hanya bertukar tempat ya?

Jadilah Bodoh,jangan dimaknai betul2 bodoh dan tidak tahu apa2, tetapi justru sebuah seruan, agar kita tidak terbelenggu oleh kebodohan itu sendiri.

begitu menurut si bodoh, Salam Satu JIwa!
BRALING COMPUTER MALANG
0341-7766990 / 081334987766
PIN BB =53647EA5 & 2A4E0DEA
YIM : braling_computer
http://forum.orisinil.com/index.php?topic=492.0