Author Topic: Petunjuk pelaporan  (Read 51661 times)

Yusuf

  • Administrator
  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,276
    • Orisinil.com
Petunjuk pelaporan
« on: August 07, 2009, 08:26:22 AM »
Karena kompleks dan rumitnya proses pengembangan software, mungkin saja software yang dipublikasikan memiliki bug atau error. Untuk itu forum ini disediakan agar para user OtomaX bisa segera melaporkan bug atau error tersebut.

Berikut beberapa petunjuk bagaimana cara melaporkannya:
1. Mohon tidak melaporkan saran atau request fitur. Request bisa dikirim di forum Saran dan Kritik
2. Mohon tidak melaporkan hanya "Error" atau "Ga bisa". Ini tidak membantu pengembang software untuk melokalisir kesalahan program apalagi memperbaikinya.
3. Mohon sertakan juga kronologis kejadiannya, jika perlu dengan screenshot
4. Jika screenshot dirasa cukup rahasia untuk diketahui publik, silakan kirim melalui PM

Terima kasih.

Vista Reload

  • User OtomaX
  • Newbie
  • *
  • Posts: 37
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #1 on: August 23, 2009, 03:39:29 AM »
Pak Yusuf, tolong bantuannya. Kenapa kalo pake modem wavecom fastrack supreme 10 untuk sms center, sms format transaksi yg di terima, baik itu cek saldo ataupun yg lain, selalu dibatalkan statusnya? Sedang kan kalo melalui YM bisa dan apabila sms center nya pake hp siemens c55 status berhasil masuk ke outbox... Mengapa begitu?  Apakah karena ada AT command khusus yg perlu di setting di terminalnya atau bagaimana? Mohon pencerahannya, pak Yusuf... Sebelumnya saya ucapkan terima kasih...
« Last Edit: August 23, 2009, 03:44:30 AM by blu3bats »
~VISTA RELOAD~
BSD City Ruko Barcelona, Serpong, Tangerang Selatan
TELEGRAM: @vistacs | WA/SMS/CALL: 085813885000 | BBM: D8EDC514 | Channel Telegram (https://telegram.me/vistah2h)
Engine Support: UPS ICA 2200W | Genset 5500W | MyRepublic 30 Mbps | IndieHome 10 Mbps
OID: CihV8yHLTg_okUvSkxjS@KLc4hvJ$3YafKw@YU

minamireload

  • User OtomaX --
  • Newbie
  • *
  • Posts: 66
  • TUKAR TAMBAH YUK
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #2 on: August 26, 2009, 01:20:43 AM »
Kalau Otomax sy agak aneh pak, setiap transaksi padat mesti terjadi error pada saat proses inbox, jadi semua request agen/mitra hanya masuk diinbox status belum diproses, solusinya setiap kejadian seperti ini Otomax harus sering direstar baru masuk dalam menu transaksi, tetapi tidak semua request pindah ke menu transaksi, seolah-olah di menu transaksi sudah gak muat, sehingga repotnya harus selalu restar Otomax. Apakah ini bug atau Gedebug sekedar info dan mohon pencerahan..

[attachment deleted by admin]

Yusuf

  • Administrator
  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,276
    • Orisinil.com
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #3 on: August 26, 2009, 08:25:31 AM »
Pak Yusuf, tolong bantuannya. Kenapa kalo pake modem wavecom fastrack supreme 10 untuk sms center, sms format transaksi yg di terima, baik itu cek saldo ataupun yg lain, selalu dibatalkan statusnya? Sedang kan kalo melalui YM bisa dan apabila sms center nya pake hp siemens c55 status berhasil masuk ke outbox... Mengapa begitu?  Apakah karena ada AT command khusus yg perlu di setting di terminalnya atau bagaimana? Mohon pencerahannya, pak Yusuf... Sebelumnya saya ucapkan terima kasih...

seting kadaluarsa ada isinya? kalo ada, coba di-nol-kan (0)


Yusuf

  • Administrator
  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,276
    • Orisinil.com
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #4 on: August 26, 2009, 08:26:53 AM »
Kalau Otomax sy agak aneh pak, setiap transaksi padat mesti terjadi error pada saat proses inbox, jadi semua request agen/mitra hanya masuk diinbox status belum diproses, solusinya setiap kejadian seperti ini Otomax harus sering direstar baru masuk dalam menu transaksi, tetapi tidak semua request pindah ke menu transaksi, seolah-olah di menu transaksi sudah gak muat, sehingga repotnya harus selalu restar Otomax. Apakah ini bug atau Gedebug sekedar info dan mohon pencerahan..

Itu pasti bug. masalahnya nyari bugnya yg sulit. Kalo sudah ketemu biasanya bisa diusir. ayo kita cari. kenali gejala dan kronologisnya, mungkin akan membantu sy melokalisir bug. thx

Vista Reload

  • User OtomaX
  • Newbie
  • *
  • Posts: 37
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #5 on: August 26, 2009, 11:37:30 PM »
Wah iya setelah di nol kan kadaluarsa nya langsung jalan lancar.... ;D Terima kasih pak Yusuf....

Semoga OtomaX makin maju terus!.... ;D ;D ;D
~VISTA RELOAD~
BSD City Ruko Barcelona, Serpong, Tangerang Selatan
TELEGRAM: @vistacs | WA/SMS/CALL: 085813885000 | BBM: D8EDC514 | Channel Telegram (https://telegram.me/vistah2h)
Engine Support: UPS ICA 2200W | Genset 5500W | MyRepublic 30 Mbps | IndieHome 10 Mbps
OID: CihV8yHLTg_okUvSkxjS@KLc4hvJ$3YafKw@YU

red_dr4gon7

  • 0856 4002 8008
  • User OtomaX --
  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,782
  • < ".RAZIA." >
    • Software Isi Pulsa
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #6 on: August 27, 2009, 01:09:56 PM »
Wah iya setelah di nol kan kadaluarsa nya langsung jalan lancar.... ;D Terima kasih pak Yusuf....

Semoga OtomaX makin maju terus!.... ;D ;D ;D
Maaf, Boss Blu3bats, cm menanyakan status Boss, User OtomaX ORI? Klo iya, silahkan PM Pak Yusuf, biar bs ambil update, isi data, dan ikutan polling update berikutnya..Maaf, gak ada maksud apapun, cma sngt dsyangkn klo User ORI tp gk ada status, mhn infonya, Boss Blu3bats, slnjutny bisa PM Pak Yusuf mnta hak akses Forum klo Boss User ORI, cma saran dr Nubie Red_Dr4gon7

Vista Reload

  • User OtomaX
  • Newbie
  • *
  • Posts: 37
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #7 on: August 27, 2009, 06:09:48 PM »
Salam kenal bos red dr4gon....
Iya bos red_dr4gon saya user OtomaX ORI... Oooo jadi ada hak khusus bagi pengguna otomax ORI? Ok saya langsung PM deh ke pak Yusuf... terima kasih atas info nya bos...
~VISTA RELOAD~
BSD City Ruko Barcelona, Serpong, Tangerang Selatan
TELEGRAM: @vistacs | WA/SMS/CALL: 085813885000 | BBM: D8EDC514 | Channel Telegram (https://telegram.me/vistah2h)
Engine Support: UPS ICA 2200W | Genset 5500W | MyRepublic 30 Mbps | IndieHome 10 Mbps
OID: CihV8yHLTg_okUvSkxjS@KLc4hvJ$3YafKw@YU

NueBie

  • User OtomaX
  • Full Member
  • ***
  • Posts: 727
  • << NeuBie >>
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #8 on: August 27, 2009, 07:39:30 PM »
Iya Boss blu3bats, Segeralah Melapor Sebelum 1x 24 jam  ;D

Laporkan data diri anda ( ID SIM Card Terminal 1 yg di Locked Otomax)

Tar Kalo dah lapor ke boss Admin kan bisa mengakses Trid Khusus User Otomax

jgn lupa Boss, Perkenalkan diri anda di
http://forum.orisinil.com/index.php?topic=237.msg1955#msg1955



« Last Edit: August 27, 2009, 07:45:49 PM by danding84 »

red_dr4gon7

  • 0856 4002 8008
  • User OtomaX --
  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,782
  • < ".RAZIA." >
    • Software Isi Pulsa
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #9 on: August 27, 2009, 07:42:18 PM »
Salam kenal bos red dr4gon....
Iya bos red_dr4gon saya user OtomaX ORI... Oooo jadi ada hak khusus bagi pengguna otomax ORI? Ok saya langsung PM deh ke pak Yusuf... terima kasih atas info nya bos...

Yupz, ada hak akses sndri dunk, waaahh, klo dh lama dr Aku, trz masalah update nya gmn? Dh smp versi 1.4 lho.. Pak Yusuf, pasien nech, minta dbukain pintu rumah.. Yg laen, yg User ORI tp status masih ngambang, bisa PM Pak Yusuf, sertakan jg ID Software & ID Terminal 1, lengkap nama & alamat, ID YM jg gpp, lbh afdol.. Nanti kn Pak Yusuf cek juga data Anda, maaf, bukan maksud menggurui, krn Aku cma seorang Nubie, Red_Dr4gon7

Vista Reload

  • User OtomaX
  • Newbie
  • *
  • Posts: 37
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #10 on: August 28, 2009, 04:49:42 PM »
@danding84: salam kenal bos danding, mohon bimbingan nya yah kalau2 ada yg tidak saya mengerti... maklum baru pertama kali terjun ke dunia server... terima kasih atas info nya....

@red_dr4gon7: Ndak lebih lama kok bos... saya kan baru bergabung awal bulan ini... untuk versi sih saya punya udah sampe 1.3.2 ga ketinggalan kan yah?

Wah otomax versi 1.4 udah ada fasilitas tiketing nya yah, MANTAB bener niy....

Menunggu izin masuk (mode: on)   ::) ::) ::) ::)
~VISTA RELOAD~
BSD City Ruko Barcelona, Serpong, Tangerang Selatan
TELEGRAM: @vistacs | WA/SMS/CALL: 085813885000 | BBM: D8EDC514 | Channel Telegram (https://telegram.me/vistah2h)
Engine Support: UPS ICA 2200W | Genset 5500W | MyRepublic 30 Mbps | IndieHome 10 Mbps
OID: CihV8yHLTg_okUvSkxjS@KLc4hvJ$3YafKw@YU

red_dr4gon7

  • 0856 4002 8008
  • User OtomaX --
  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,782
  • < ".RAZIA." >
    • Software Isi Pulsa
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #11 on: August 28, 2009, 07:57:37 PM »
OK, yg ptg dh PM Pak Yusuf kn? Data diri Anda, lengkap ID Terminal 1 & ID Software Anda, klo dh, tgl tnggu, gk lama koq, asal Boss PM ( Private Messages ) Pak Yusuf, klo gk, nnti Aku coba bantu tanyakan Beliau..Waiiitt..

Br liat, blu3bats
OtomaX Users
Newbie
*
Posts: 6
skrg dh gnti jd User statusnya..
Akhirnya resmi juga, hehehe..  ;D  :D
« Last Edit: August 30, 2009, 09:45:28 AM by red_dr4gon7 »

Link-Pulsa Dot Com

  • User OtomaX
  • Newbie
  • *
  • Posts: 66
  • Pedagang Asongan Pulsa
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #12 on: September 01, 2009, 11:35:07 PM »
Pak Yusuf.......
Sy kemaren mengalami hal yg sedikit ganjil......
kemaren sy trx di proses 2 kali, padahal di perintahnya sy kirim 1 kali, tp setelah beberapa menit ada laporan trx sukses.

laporan yg pertama.....
<TrxID#45943> S10.81313998028 SUSKSES, Harga:10,000. @29/08 23:38:59. SN:908292338454159167. Saldo Rp. 91,955,698.Trx XL5 Mohon Tahan.Trx yg Masuk, Sabar.

Laporan yg ke dua.....
<TrxID#45943> S10.81313998028 SUSKSES, Harga:10,000. @29/08 23:10:02. SN:908292309494135240. Saldo Rp. 91,955,698.Trx XL5 Mohon Tahan.Trx yg Masuk, Sabar.

dengan mengirim 1 kali trx, memotong saldo deposit hanya satu kali, dengan id trx yang sama, tapi stock mkios sy berkurang dua kali..........

kira2 kenapa ya bisa terjadi begitu............ ??? ??? ??? ??? ??? ???
Apa rekan2 jg pernah mengalami hal yg sama seperti sy.......... ??? ??? ??? ??? ???
Tlng dong kasih pencerahan.......... ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D

Trima kasih........

paijo_daan

  • User OtomaX --
  • Newbie
  • *
  • Posts: 72
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #13 on: September 03, 2009, 04:59:31 AM »
klo sy ada yg ganjal nich...klo aku pke kabel usb to serial cpu usage bs 100% terus...tp klo pke com1 dan 2 di port serial...cpu usage cuma sekitar 5 %....knp seperti itu bozz

johan

  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 184
    • K-TronikS
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #14 on: September 03, 2009, 07:49:40 AM »
klo sy ada yg ganjal nich...klo aku pke kabel usb to serial cpu usage bs 100% terus...tp klo pke com1 dan 2 di port serial...cpu usage cuma sekitar 5 %....knp seperti itu bozz

beli kabelnya yang berapa duit?? karena saya juga pernah pake yg murah 40rban ngak bisa jalan... sekarang pake yang 150rban baru lancar ngak ada masalah... malah saya pake 2 utk usb to serial..
K-TronikS
Jl. Aladin Baru No.28, Jakarta Utara
(dekat telukgong dan jelambar)
hp:08176055878

AbiTamim

  • Dealer OtomaX
  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,972
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #15 on: September 03, 2009, 09:38:30 PM »
Bos, usul

Pertama,
RS saya punya downline, setiap dia transfer deposit ke Downline, otomatis dia dapat reply dari server dan Downline nya juga dapat reply. Misal Upline punya kode NC00044, downline kode NC00065

Yang jadi ganjalan, redaksi kata dalam reply membingungkan si upline tadi, selama ini reply yang diterima uplyne yang melakukan transfer kan seperti ini :

"Transfer saldo ke nc00044 Rp. 500.000 SUKSES. Saldo Anda skrg Rp. 2440.985"

Padahal NC00044 disini adalah yang mentransfer (Up line), tapi anehnya dia malah dapat reply seperti di atas. Harusnya kan
 ""Transfer saldo ke nc00065 Rp. 500.000 SUKSES. Saldo Anda skrg Rp. 2440.985"

Kedua,
Default nya, semua Hp dan ym RS tercentang, jadi kalau ada RS memiliki 3 nomor paralel, ketiga-tiganya tercentang. Saat up line kirim deposit ke downline ini, maka seluruh nomor paralel Downline terkirim sms pemberitahuan. Bagaimana kalau di buat optional sebagaimana saat tambah saldo manual sehingga menghemat sms.
Terimakasih

Error yang sering terjadi

NoHP/WhatsApp : 082140609087
Telegram : OtomaXDealer
Nimbuzz: abinyatamim

Iskandar

  • Dealer OtomaX
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 197
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #16 on: September 03, 2009, 10:40:53 PM »
Bos, usul

Pertama,
RS saya punya downline, setiap dia transfer deposit ke Downline, otomatis dia dapat reply dari server dan Downline nya juga dapat reply. Misal Upline punya kode NC00044, downline kode NC00065

Yang jadi ganjalan, redaksi kata dalam reply membingungkan si upline tadi, selama ini reply yang diterima uplyne yang melakukan transfer kan seperti ini :

"Transfer saldo ke nc00044 Rp. 500.000 SUKSES. Saldo Anda skrg Rp. 2440.985"

Padahal NC00044 disini adalah yang mentransfer (Up line), tapi anehnya dia malah dapat reply seperti di atas. Harusnya kan
 ""Transfer saldo ke nc00065 Rp. 500.000 SUKSES. Saldo Anda skrg Rp. 2440.985"

Kedua,
Default nya, semua Hp dan ym RS tercentang, jadi kalau ada RS memiliki 3 nomor paralel, ketiga-tiganya tercentang. Saat up line kirim deposit ke downline ini, maka seluruh nomor paralel Downline terkirim sms pemberitahuan. Bagaimana kalau di buat optional sebagaimana saat tambah saldo manual sehingga menghemat sms.
Terimakasih



sy coba bantu ya pak... (kalo salah dikit, sy jangan dimarahin ya :D)

1. untuk reply yg ketukar, coba lihat di setting => format balasan
    Untuk balasan ke reseller yg ditransferkan, ada di transfer saldo info

    TransferSaldoInfo   Saldo reseller berhasil ditambahkan      0   Saldo Anda telah ditambahkan oleh "[namareseller]"  sebanyak Rp. [jumlah]. [keterangan]. Saldo Rp. [saldo]

    Untuk balasan ke reseller yg mentransferkan,

     TransferSaldo   Transfer saldo sukses   25   Transfer saldo ke [kodereseller2] a/n: [namareseller2] sebesar Rp. [jumlah] SUKSES. Saldo Anda skrg Rp. [saldo]

2. untuk mengantisisapi pengiriman balasan ke semua nomor HP yg dimiliki reseller bersangkutan, coba buka di halaman administrasi => pengirim

di kolom paling kiri (di atasnya hanya tertulis "K") coba bapak atur nomor HP dari resellernya, misalnya reseller A memiliki 4 nomor HP, hilangkan centang di nomor-nomor paralelnya, eiiittttttt...... tunggu dulu, sisakan 1 nomor HP yg tercentang untuk reseller tersebut untuk keperluan pengiriman balasan transfer saldo maupun broadcast.

semoga bisa membantu pak.

salam
Melayani H2H: Token PLN, PPOB, Pulsa All Operator
Trx via IP, IP Gateway, OH, Jabber Private
Free Dukungan Teknis OtomaX
Telegram id: @cs_vikareload / 081245614445

minamireload

  • User OtomaX --
  • Newbie
  • *
  • Posts: 66
  • TUKAR TAMBAH YUK
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #17 on: September 04, 2009, 07:36:10 PM »
Bapak selain bug yg saya sampaikan terdahulu error reques yg masuk ke inbox tetapi tidak keproses, hari ini sy menemukan masalah lagi tentang trx yg gagal karena produk ditutup tetapi saldo agen tetap terpotong, barangkali saudaraku ada yg bisa membantu, wabil khusus Yth Bapak Yusuf untuk dapat memberikan pencerahannya trimakasih.

[attachment deleted by admin]

johan

  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 184
    • K-TronikS
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #18 on: September 04, 2009, 08:20:14 PM »
Bapak selain bug yg saya sampaikan terdahulu error reques yg masuk ke inbox tetapi tidak keproses, hari ini sy menemukan masalah lagi tentang trx yg gagal karena produk ditutup tetapi saldo agen tetap terpotong, barangkali saudaraku ada yg bisa membantu, wabil khusus Yth Bapak Yusuf untuk dapat memberikan pencerahannya trimakasih.

koq pengurangannya ngak sesuai ya??? 45835 - 10150 = 35685  bukan 36085 benar bukan... kalkulator otomax yang rusak apa kalkulator saya yg rusak...
bahaya besar nih kalo kalkulator salah hitung...
apakah semua trx sudah terlihat ber urutan, apa ada yang hilang??
kalo memang ada yang hilang..... kejadian tersebut mungkin terjadi, karena tgl status saya liat lebih lambat dari yang di atasnya...
jadi seharusnya urutan di atasnya memang kepotong dulu... setelah dapat status produk salah pada jam 9:46 maka saldo di kembalikan. sehingga trx pada jam 10 memang saldo sudah posisi di tambahkan...

kalo memang ada trx yg hilang tadi..antara jam 9:46 dan 10:28...  kalo mmang tidak ada trx yg hilang... maka saya serahkan ke ahlinya....

silahkan pak yusuf.....
K-TronikS
Jl. Aladin Baru No.28, Jakarta Utara
(dekat telukgong dan jelambar)
hp:08176055878

EasyRefill

  • User OtomaX
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 469
Re: Petunjuk pelaporan
« Reply #19 on: September 05, 2009, 07:03:54 AM »
maaf pak yusuf, gimana dengan kalau misalnya ada kasus refund? apakah saldo uplien kepotong senilai komisi yang mereka terima waktu sebelum refund, soalnya aku cari2 kok ga ada -100 (batal komisi)
Mohon maaf jika pelayanan kami kurang maksimal