Sdh 2 hari ini hampir di semua media cetak dan elektronik, kehebohan upgrade sistem Garuda yg tidak mulus menyebabkan kekacauan sistem mereka menjadi headline news, keterlambatan keberangkatan hingga penundaan bikin ricuh... sy mhn ijin mengangkat ini sebagai sebuah contoh kasus betapa soal IT tidaklah sesederhana yang nampak di permukaan
bbrp waktu lalu ada otomaXer yg mengeluhkan mengapa otomaX belakangan ini kok semakin kacau, banyak problem, ga stabil -ga setangguh dulu, begitulah kira2 keluhannya; seorang diantaranya bahkan -mungkin dalam kesuntukannya- membroadcast keluhannya via YM for all
sesudah kasus IB Mandiri beberapa waktu lalu, mudah2an kasus IT Garuda ini lebih membuka mata kita semua selaku user untuk tidak serta merta berpandangan miring saat terjadi problem -terutama saat ada upgrade versi terbaru. mengaca dari kasus Garuda, perusahaan segede mereka tentu soal IT akan melibatkan group ahli2 yg sangat berkompeten dan dana yang lebih dari cukup; namun ternyata KO juga
jadi untuk otomaXer yg masih punya problem... positive thinking please.., apalagi pada banyak kasus seringkali problem BUKAN pada otomaX-nya namun pada kesalahan setting/pengaturan, problem hardware, device dll di luar otomaX.. namun, dalam kesuntukan menjadikan otomaX sebagai tersangka utama memang cara yg paling mudah -namun ga fair lah yau