Author Topic: Renungan  (Read 8366 times)

Andi Jaderock

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,081
Re: Renungan
« Reply #20 on: May 28, 2011, 07:26:50 AM »
Harta adalah titipan, bukan milik kita.
Uang, harta dan kekayaan bukanlah milik kita. Karena tidak ada sesuatupun yang akan kita bawa ketika kita harus pergi meninggalkan dunia ini untuk menghadap Ilahi Rabbi. Harta sekaligus sebagai amanah yang harus dijaga pemanfaatannya agar mendatangkan kebaikan di dunia dan sekaligus keselamatan dan kebahagiaan di akhirat.
 “Dan berikanlah kepada mereka sebahagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu..” (QS:An-Nur:33)
 


dengan merasa bahwa si harta adalah milik kita yang susah payah kita bekerja untuk mendapatkannya maka akan terasa sulitnya bersedekah.
“harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan” (QS:Al-Kahfi:46)

Bekerja untuk orang lain.. jangan untuk diri sendiri..akan lebih terasa nikmatnya saat orang lain ikut merasakannya.
Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, Yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)”.
Dan mengapa kamu tidak menafkahkan (sebagian hartamu) pada jalan Allah? Padahal Allah-lah yang mempusakai (memiliki) langit dan bumi.( QS Al-Hadid Ayat 10)


Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat-gandakan (balasan) pinjaman itu untuknya, dan ia akan memperoleh pahala yang banyak. ( QS Al-Hadid Ayat 11)


Banyak2lah bersyukur atas apa yang telah kita terima …
"Apabila kamu bersyukur pasti Aku (Tuhan) menambah nikmatmu dan apabila kamu kufur (mengingkari/tidak bersyukur) sesungguhnya balasanKU (balasan Tuhan) amatlah pedih (menyakitkan)" [QS:Ibrahim;7]  

Anas RA meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jika seseorang memiliki satu lembah emas, ia takkan pernah merasa puas. Ia akan menginginkan satu lagi lembah penuh emas untuk dimilikinya. Padahal sesungguhnya hanya debu-kuburlah yang bisa memenuhi/memuaskan mulut seseorang.” (Bukhari)

Dan dirikanlah shalat dan bayarlah zakat, dan pinjamkanlah kepada Allah pinjaman yang baik.( QS Al-Muzammil Ayat 20)



Sesungguhnya orang miskin yang meminta walaupun tidak meminta itu wajib kita berikan sedekah
Dan orang-orang yang didalam hartanya tersedia bagian tertentu, bagi orang (miskin) yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa (yang tidak mau meminta)( QS Al-Ma’arij Ayat 24, 25)

Tidaklah sekali-kali kamu sampai pada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai.(QS Ali imran: 92)

« Last Edit: May 28, 2011, 07:29:01 AM by Aurel Selular »
WA: 0822-6118-2991
Telegram : @andijaderock
Jabber: jaderock78@zm-mobile.com
Gtalk : jaderock168@gmail.com

warriors

  • Newbie
  • *
  • Posts: 58
Re: Renungan
« Reply #21 on: May 30, 2011, 05:53:30 AM »
renungan yang bagus... :)

Ultima

  • Guest
Re: Renungan
« Reply #22 on: July 06, 2012, 02:53:51 PM »
wah mantab bos pencerahannya.  :)