Author Topic: BERPIKIR VERTIKAL VS. BERPIKIR LATERAL  (Read 3891 times)

Andi Jaderock

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,079
BERPIKIR VERTIKAL VS. BERPIKIR LATERAL
« on: May 24, 2011, 06:04:08 AM »
BERPIKIR VERTIKAL VS. BERPIKIR LATERAL

Saat ada informasi baru atau masalah yang muncul kita terbiasa memprosesnya dengan melakukan analisa. Artinya kita pecah informasi tadi kemudian dilakukan pengakategorian, selanjutnya dalam tiap tahap analisa selalu dicari yang benar dengan menyisihkan yang dianggap salah atau tidak benar. Atau mungkin sebaliknya mengumpulkan berbagai potongan  informasi untuk kemudian diuji masing-masing informasi dengan alat ukur  ‘penguji kebenaran,’ setelah itu ditarik kesimpulan  yang harus benar sepanjang masa.

-Ini ciri khas dari berpikir secara vertikal, yaitu sepanjang masa selalu dicari yang benar dan membuang sisanya yang dianggap salah.

-Alih-alih menabalkan kebenaran yang harus hadir sepanjang proses analisa, cara berpikir lateral atau horisontal membolehkan kita untuk melakukan kesalahan. Proses yang membolehkan kesalahan berlangsung dimaksudkan untuk mencari pola baru dari pola baku yang sudah ada, mencari solusi non-dogmatis terhadap problem yang dihadapi, membuat jalan atau peta baru dalam suatu proses, menerobos pemikiran lama untuk menemukan kesegaran pemikiran baru serta membangun paradigma baru.

Proses berpikir lateral yang menantang dengan membolehkan ‘kesalahan’ akan menghasilkan sesuatu yang kreatif.  Artinya setiap kemungkinan diperbolehkan hadir dengan tidak terburu-buru mengelompokkan pada kategori benar dan salah.

Sebagai analogi: saat kita membagi satu loyang roti maka bila kita berpikir secara vertikal setiap potongan akan kita usahakan dalam bentuk dan ukuran yang sama; namun bila kita berpikir secara lateral maka dapat saja bentuk potongan rotinya berbeda-beda dengan ukuran tidak sama menyesuaikan keinginan anak-anak yang mengkonsumsi roti tersebut.

Dalam persaingan bisnis yang demikian kompetitif kita harus mampu menggunakan dua cara berpikir di atas: Berpikir Vertikal dan Berpikir Lateral.
WA: 0822-6118-2991
Telegram : @andijaderock
Jabber: jaderock78@zm-mobile.com
Gtalk : jaderock168@gmail.com