Author Topic: Merubah Indonesia dengan Memperbanyak Entrepreneurship  (Read 3558 times)

ARIF JP

  • User OtomaX
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 262
  • BEKERJA DENGAN SEPENUH HATI.
Merubah Indonesia dengan Memperbanyak Entrepreneurship
« on: May 10, 2012, 10:43:33 PM »
Merubah Indonesia dengan Memperbanyak Entrepreneurship, kaum wirausaha, pengusaha, Usaha Kecil Menengah  UKM, dan pada kaum muda mandiri. Dalam kampanye-kampanye yang saya tonton di televisi sepertinya perhatian untuk kaum ini kurang, para jurkam bicara masalah pengentasan kemiskinan, pengurangan tingkat pengangguran, padahal peluang lapangan kerja baru, terbanyak dilahirkan dari para pengusaha, wiraswasta, pengusaha kecil dan menengah.


Menambah pegawai negeri bukan solusi, menambah pegawai negeri akan semakin menguras APBN, semakin menguras keuangan negara, sementara pegawai yang ada saat ini kinerjanya bekum maksimal, kualitasnya juga masih dipertanyakan. Banyak pegawai negeri berprinsip kerja serius dibayar, kerja santai juga dibayar, kenapa harus serius. Memang tidak semua pegawai negeri bermental demikian, maaf.


Banyaknya PHK menunjukkan bahwa kinerja para pengusaha menurun,banyak partai malah memojokkan para pengusaha, tidak semua pengusaha buruk, mereka butuh iklim usaha yang kondusif, mereka butuh fasilitas dari pemerintah untuk melawan badai krisis global yang mendera. Merka tidak mampu bersaing, para buruh menuntuk kenaikan gaji sementara pengusaha menjerit, jangankan menaikkan gaji bisa menggaji rutin saja sudah tidak mampu, ujung-ujungnya PHK besar besaran.


Definisi entrepreneur seperti apa?
Sorang yang memiliki daya kreasi dan inovasi untuk merubah barang yang tidak berguna menjadi bernilai, merubah sampah menjadi pupuk organik yang bermanfaat, merubah kebiasaan dari sekedar brosing untuk suka-suka dirubah menjadi kegiatan bisnis yang bernilai, merubah product open source menjadi product yang bisa membantu banyak orang dan bisa digunakan dengan mudah sehingga menjadi bernilai dan laku dijual.


Berani mengambil resiko dari setiap kegiatan, penelitian, riset dalam rangka membuat produk baru, menemukan cara baru, mendapatkan jawaban baru dari setiap masalah yang muncul disekelilingnya.
Tanggap terhadap perubahan, tidak mudah menyerah, selalu punya alternatif penyelesaian, tidak menyalahkan keadaan, tidak menyalahkan takdir.
Tidak takut rugi, tidak takut salah, tapi takut kalau tidak melakukan kegiatan, takut kalau hidupnya hanya menjadi beban, hanya bisa meminta, hanya bisa menunggu dari perubahan itu sendiri. Enterpreneur turut andil dalam sejarah perubahan.


Berapa wirausahawan lagi dibutuhkan?
Pendapat Sosiolog David McClelland  suatu negara bisa menjadi makmur bila ada entrepreneur sedikitnya 2% dari jumlah penduduk. Singapura sudah 7,2% padahal pada 2001 baru 2,1%. Sedangkan Indonesia hanya 0,18% dari penduduk atau 400.000-an orang. Itulah kenapa Indonesia dibolak balik, tetap saja ketinggalan dengan negara tetangga. Bahkan para anggota legislatif banyak yang tidak tahu, tapi omong banyak tentang kemajuan Indonesia.Bagaimana kita bisa membuat perubahan semantara kita sendiri tidak pernah melakukan perubahan, dan tidak pernah memberi contoh nyata, setiap orang bisa omong, tapi sedikit orang yang mau mempraktekkannya.


Mengapa Indonesia sedikit Wirausaha?
Ini mungkin hasil penjajahan yang terlalu lama, selalu diberi ikan bukan diberi kail dan jala oleh para pemimpin, para orang tua, para dosen dan guru di sekolah. Kebanyakan orang tua kita petani, dan pegawai negeri, pegawai negeri itu masuk zona aman, kerja dapat gaji, tidak kerja juga dapat gaji. Sekolah kita hanya mendidik jadi orang yang pintar teori, tapi seditik sekali praktek, pinter debat tapi kurang kerja nyata.


Kebanyakan dari kita bermental karyawan, bermental buruh, bukan salahnya tapi keadaan, lingkungan, kultur yang telah menempatkan pegawai adalah pekerjaan yang palin aman, pegawai negeri adalah impian setiap orang tua.
Yang paling parah adalah tidak mudah menjadi pengusaha, buruh demo naik gaji, sementara kinerja para buruh belum maksimal, perijinan yang sulit, mencari modal juga sulit, apalagi tidak punya jaminan.


Pengusaha dijadikan sasaran tembak,
Pengusaha sering menjadi sasaran tembak, tidak bisa menggaji diatas UMR, tidak memberi fasilitas pada karyawannya, padahal banyak pengusaha yang kena dampak krisis, jangankan menaikkan gaji, membayar gaji rutin saja susah. Jangankan menaikkan produktifitas, memproduksi saja tidak mampu karan bahan baku mahal, banyak uang siluman, biaya produksi tinggi, listri mahal, dan banyak masalah yang sering terabaikan.


Sumber Alam Melimpah, Sumber Energi Banyak, Kenapa Masih tidak makmur
Semua orang ngomong target kemakmuran, tapi bila entrepreneurship tidak diajarkan, semuanya tidak tercapai,  sejarah yang membuktikan.

Indonesia memiliki banyak komoditas, tambang mineral dan penghasil energi berlimpah tapi bukan bangsa kita yang mengubah menjadi end product, yang bermutu dan bernilai mahal harganya. Bila tidak ada tambahan nilai (added value) oleh bangsa kita, Indonesia tetap miskin. Kita lihat investasi dari luar negeri, orang kita jadi apa? Buruh!


Banyak Yang jadi TKI, karena di Indonesia Gaji Rendah, Lowongan Sedikit,
Mungkin kita bertanya kenapa banyak orang mencari kerja di luar negeri, ti Taiwan, di Malaysia, Hongkong, Singapore. Itu Karena di Indonesia sedikit lowongan kerja, kalaupun toh ada gaji buruh di Indonesia terlalu minim.


Ini disebabkan karena  sedikit entrepreneur yang bisa menciptakan lapangan kerja di dalam negeri.
Bila saat ini memang tak bisa memberikan pekerjaan, kita perlu bekali kaum muda kemampuan menciptakan lapangan kerja baru, membuat sesuatu yang baru dengan memaksimalkan yang sudah ada. Entrepreneur tidak hanya menolong mereka yang menganggur tapi menciptakan kesejahteraan masyarakat, lingkungan dan bangsa. Dan, kehadiran mereka lebih dibutuhkan dalam pemanfaatan sumber daya alam bagi kemakmuran rakyat, bukan modal asing.
« Last Edit: May 10, 2012, 11:14:42 PM by ARIF JP »
Software: OtomaX ULTIMATE ORIGINAL
SERVER SUPER POWER

aailman

  • User OtomaX
  • Newbie
  • *
  • Posts: 15
Re: Merubah Indonesia dengan Memperbanyak Entrepreneurship
« Reply #1 on: November 09, 2013, 12:34:54 PM »
yup, mungkin indonesia makmur kalo sudah punya wirausahawan lebih dari 2%,
kalo masih banyak yang memilih punya modal buat jadi caleg atau pns, ketimbang dagang atau usaha kayanya sulit buat makmur negara ini.
OID : CirIlgScAQ_EFXfXEN1RQ5pexdRF5zeWT9BgwQ

wingfly

  • Newbie
  • *
  • Posts: 12
Re: Merubah Indonesia dengan Memperbanyak Entrepreneurship
« Reply #2 on: December 02, 2013, 02:02:00 PM »
kenapa indonesia tidak banyak mempunyai entrepreneuship adalah karena banyak masyarakat di Indonesia yang masih bermental karyawan karena itu mari kita tanamkan orang-orang di Indonesia bahwa lebih baik menjadi pengusaha.
JMLC: Menyediakan  Mesin Laundy Untuk Keperluan Usaha Anda Dengan Harga Paket Yang Dapat Disesuaikan Dengan Kebutuhan Anda.

aviva arifin

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 995
Re: Merubah Indonesia dengan Memperbanyak Entrepreneurship
« Reply #3 on: December 02, 2013, 02:55:42 PM »
yup, mungkin indonesia makmur kalo sudah punya wirausahawan lebih dari 2%,
kalo masih banyak yang memilih punya modal buat jadi caleg atau pns, ketimbang dagang atau usaha kayanya sulit buat makmur negara ini.

La orang yang sudah punya jiwa pengusaha saja di indonesia susah kok mau usaha. Segala sesuatunya tidak tersedia....malah kalau mau bikin usaha resmi berizin ke pemerintah susah....kudu banyak keluar uang dan perlu banyak waktu.....  :-\

fatan4na

  • User OtomaX
  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,422
Re: Merubah Indonesia dengan Memperbanyak Entrepreneurship
« Reply #4 on: December 02, 2013, 03:47:23 PM »
seorang teman disini terjun usaha budidaya bawang merah. lahan budidaya nya jauh dari kota, harus nyebang sungai pake rakit (motor di naikin di rakit). setelah sampai dikampung terdekat motor harus tinggal dan orang harus jalan kaki naik ke gunung.

pernah teman ini ngeluh katanya jauh lokasinya untuk budidaya selanjutnya.
saya bilang sama teman ini, justru disitulah peluangnya.

coba kalau seandainya transportasi ke lokasi tersebut mudah pastilah akan banyak orang yang melakukan budidaya disana dan tentu persaingan akan semakin ketat.
karena lokasinya yang sulit itulah dia merupakan satu-satunya orang yang melakukan budidaya di tempat itu dan hasilnya sangat bagus.
Otomax V.3.8.3

funwin

  • Newbie
  • *
  • Posts: 5
Re: Merubah Indonesia dengan Memperbanyak Entrepreneurship
« Reply #5 on: December 13, 2013, 03:18:58 PM »
benar sekali Indonesia harus memperbanyak entrepreneurship karena dengan begitu makin banyak lapangan kerja yang akan ada di Indonesia ini.
Digital Agency Online Marketing di Indonesia

armada

  • User OtomaX
  • Full Member
  • ***
  • Posts: 624
Re: Merubah Indonesia dengan Memperbanyak Entrepreneurship
« Reply #6 on: December 14, 2013, 12:59:07 AM »
Entrepreneurship  akan sangat bergairah apabila rupiah nilainya besar bukan angkanya yang besar..

indahnya cari uang di tahun 1998, barang bagus rupiah pun bernilai besar...

bayangkan sekarang 2013, barang tidak bagus harga pun mahal, karena nilai rupiah kecil... angkanya besar tidak seimbang dengan penghasilan kerja maupun berdagang...

Kontrakan pun naik terus, untung dari hasil usaha tidak naik naik...

yang putar otak akhirnya menempuh kerja, tapi kerja di indonesia hanya cape nya saja uang habis utk mutar mutar cari OMSET utk perusahaan dan makan minum di jalan, gaji 2jt dibagi 30 hari =65rb  (rincian : ongkos dari rumah ke tempat kerja PP 20rb, makan SEKALI ala mahasiswa cari tempat makan yang murah : 20rb termasuk minum sisanya 25rb....) (**Sangat wajar para Karyawan menuntut gaji yang wajar)

tidak heran akhirnya rakyat INDONESIA KOCAR KACIR CARI KERJA KE LUAR  NEGERI MENINGGALKAN KELUARGA (ANAK DAN ISTRI bahkan sampai jual harta benda) untuk apa ?? tentu saja demi hasil kerja yang tidak sia sia , tapi hasil kerja yang memiliki NILAI dimana keringat hasil kerja di hargai....

...

Lanjutkan Entrepreneurship,...
Brantas KORUPSI 90% saja, dan BAYAR HUTANG negara 70% saja, saya yakin secara otomatis rakyat akan sejahtera...   **TUGAS NYA SIAPA YA ?  (ya kita kita dengan cara memilih pemimpin yang mampu memimpin dan memikiri rakyatnya dan mengorbankan dirinya  demi kemakmuran  rakyat nya)

PEACE...

(semoga pendapat saya masih nyambung dengan topiknya... ) :-[

Otomax Adv OID: CihYAw9ekA_Hp3hpm2SPYuYutijIJ3yPw

berusaha terus untuk maju dengan niat yang baik mencapai hasil akhir yang terbaik....