Author Topic: Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan  (Read 20464 times)

Andi Jaderock

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,078
Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan
« on: April 15, 2013, 08:41:07 PM »
Heppy Trenggono, Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan       

Dalam belitan hutang Rp 62 miliar, Heppy Trenggono bukannya mengencangkan ikat pinggang, Ia justru membuat program berderma kepada sesama. Tak ayal keputusan ini menimbulkan perpecahan manajemen yang meruncing. Namun tanpa diduga, Ia akhirnya mampu melunasi hutang tersebut bahkan berhasil menghidupkan kembali usahanya yang sudah terpuruk mampu bangkit dalam waktu dua tahun dan kembali membangun bisnisnya senilai Rp. 7 Triliun tanpa hutang sama sekali. Belajar bisnis dengan banyak guru di dalam dan luar negeri. Bos Grup Balimuda itu sudah mampu menggawangi 12 anak perusahaan serta menafkahi sekitar 3.000 pegawai. Heppy pun kini dikenal piawai dalam memberikan motivasi kepada pengusaha yang sedang terpuruk untuk bangkit kembali.

ini adalah beberapa tips dari beliau mudah2an bisa menginspirasi kita semua

1.   Pelajari Kesalahan kita; Hijrah,  Jauhi Riba. Biasanya pengusaha jatuh karena menggunakan mekasnisme leverage hutang bank menggunakan Riba/bunga. Mas Heppy sadar betul bahwa riba adalah larangan agama yang harus di hindari. Inilah yang menjadi titik balik perjuangan beliau.
2.   Apa Yang kita Bela, Agar kita di tolong ALLAH SWT dari hutang hutangkita, maka kita juga harus punya nilai-nilai yang jelas kita bela. Selain Beliau mengaskan perjuangan anti Riba, beliau juga mengaskan perjuangan hidupnya untuk membantu ummat dan bangsa Indonesia untuk bangkit dari keterpurukan bangsa. Beliau juga sangat komitmen untuk menggerakan bangsa melalui Gerakan Beli Indonesia. Pembelaan nya terhadap kaum duafa juga sangat dintensifkan ketika terjepit hutang.
3.   Sungguh Sungguh dalam mengerjakan pekerjaan. (Man Jadda Wa Jadda)
4.    Sungguh Sungguh berusaha dekat kepada ALLAH SWT.
5.   Sungguh sungguh dalam Ucapan
6.   Sungguh Sungguh yakin Bahwa Anda akan berhasil menyeselesaikan hutang.
7.   80 %  Fokus membangun usaha, 20 % menangani masalah.
8.   Never take Personal Guarantee apapun bentuknya. Jika bank meminta jaminan rumah anda, padahal anda sudah menjaminkan tempat  usaha anda atau project anda. Karena inilah jahatnya kapitalis. Dia ingin mengunci kita ketika sulit sehingga kita lumpuh. Abdul latif pernah marah kepada bank mandiri ketika meminta jaminan rumah padahal nilai rumah kalimalangnya tidak seberapa dibanding hutang yang ditawarkan. Beliau marah karena tidak baiknya niat bank mandiri untuk menjepit diri dan keluarganya jika terjadi keadaan yang tidak baik didepan.
9.   Find Cosolidation. Temukan partner hutang yang bisa diajak bicara atau senada dengan anda.
10.   Metode Snow Balling. Metode ini dilakukan jika kita masih bisa membayar tetapi perusahaan sedang sulit.  Naikanlah Budget Cicilan anda ketika anda mampu. Mulai dari hutang hutang jangka pendek dulu, yang 2 tahun, 3 tahun terus hingga 10 tahu. Naikan cicilan anda 10 %. Jika 10 juta maka naikan jadi 11 juta  rupiah. Atau 20 %. Maka jangka waktu akan lebih cepat lagi, dari 15 tahun bisa menjadi 8 tahun. Hanya dengan menaikan jumlah pokoknya 10% anda sangat jauh cicilannya.
11.   Berbuat baiklah di saat sempit. Pak Heppy mensedekahkan uang 10 – 20 % uang yang diterima .  Sehingga ketika debt collector datang, pembela nya adalah warga sekitar yang simpati kepada beliau. Sedekah sangat membantu kita keluar dari kesulitan.
12.    Cut Off. Ada bebeberapa jenis cut Off;  Hutang yang tadinya good debt  kemudian macet menjadi bad debt.  Hentikan bayar hutang anda dulu. Bisa jadi jika anda teruskan project lain yang akan dikerjakan terkena imbasnya.  Semua cabang bisnis yang jalan diteruskan, yang merugi di stop. Lechman brothers berhenti/menyatakan bankrut bukan karena ga punya uang. Tapi karena awareness nya tinggi. Anda harus punya strategi exit. Cut off butuh mentalitas. Hasjim Johyohadikusumo melakukan hal yang sama ketika 98. Bukan ngemplang hutang. Tetap harus dibayar tapi sementara fokus kepada pengembangan bisnis.
13.   Never take long term Credit with short term. Jangan Pernah ambil kredit  aset jangka panjang dengan jangka waktu yang pendek.
14.   Never take debt with many Creditor.  Jangan ambil hutang dengan banyak kreditor. Cukup satu Kreditor tapi dengan Jumlah Besar.Bahaya nya ketika  terjadi kemacetan anda akan pusing dengan banyak pihak dan menambah konsentrasi anda.
15.    Hutang boleh tapi harus untuk yang penting saja.
16.   Lesson won”t change until we change ourshelves. Segalanya tidak akan berubah sampai kita merubah diri kita sendiri.
17.    Jujur berhutang
18.   Selalu periksa apakah pinjaman Project bisa menutupi cicilan Bank?
19.   Debt collector.  Negosiasikan hutang, upayakan agar anda hanya membayar pokoknya saja. Pak heppy berhasil mengosiasikan hutang hingga bisa membayar hutangnya hampir setengahnya.
20.   Sholat subuh Berjamaah. Pa Heppy selalu berusaha sholat subuh berjamaah karena beliau Ingat barang siapa yang sholat subuh berjamaah akan dilindungi ALLAH SWT.
21.   Naikan Income bisnis, push down Simplicity. Naikan omset bisnis turunkan biaya biaya (baik bisnis maupun pribadi).
22.   Pilahlah pendapatan anda; Contoh Dari uang anda bagi menjadi: 10 % sedekah, Saving 10%, Family x %, Cicilan hutang  20% dll.

Bisnis itu bukan hanya sekedar ilmu ekonomi tetapi juga ilmu kehidupan. Maka bisnis haruslah bisnis yang membangun kehidupan bukan sebaliknya. Bermain cash back, gesek tunai, goreng menggoreng kartu kredit, forex  Itu bukan bisnis tapi money game. Karena bukan bisnis, maka permainan uang atau money game bisa berwujud judi, spekulasi atau renten. Kalau itu yang dijalankan maka pelakunya bukanlah pebisnis tetapi penjudi, spekulan atau rentenir. Dan itulah yang terjadi dalam sistem ekonomi kapitalisme yang hari ini terbukti membuat ekonomi dunia mengalami tsunami. Banyak kasus terjadi, kekeliruan cara bermain dalam bisnis tidak hanya membuat kehancuran bisnis tetapi juga pelakunya kehilangan kehidupan.
« Last Edit: April 15, 2013, 09:06:38 PM by Andi Jaderock »
WA/Telegram: 0822-6118-2991
Jabber: jaderock78@zm-mobile.com
Gtalk : jaderock168@gmail.com

Andi Jaderock

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,078
Re: Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan
« Reply #1 on: April 15, 2013, 08:52:41 PM »
5 rahasia  sukses orang-orang yang sukses dalam bisnis dan kehidupannya.

Pertama,  Ikrar.  Allah Swt menunggu ikrar setiap hambaNya.  Perubahan pada diri seseorang kerap bermula dari ikrarnya di hadapan Allah untuk menjadi apa dan apa yang akan dia lakukan di dalam hidupnya.  Contoh dalam sejarah adalah Gajah Mada yang berikrar untuk tidak menyentuh kesenangan duniawi sebelum menyatukan Nusantara.   BJ. Habibie, berikrar untuk membuat pesawat sebagai bhaktinya kepada ibu pertiwi ketika sedang  mengidap TBC di sebuah rumah sakit di Jerman.  Heppy juga mengungkapkan pengalaman pribadinya, ketika didera oleh kejatuhan bisnis  pada tahun 2006 dia berikar untuk merubah permainan dalam hidup dan bisnisnya,  menggunakan sisa usia untuk masuk dalam barisan Rosulullah membangun agama dan bangsanya.   

Kedua,  Support  system. Bangun support system anda.  Tidak ada pemimpin yang benar-benar kuat.  Pak Harto yang kita tahu dalam sejarah sebagai orang yang berkuasa selama 32 tahun,  tak banyak orang yang tahu bahwa Pak Harto pernah mau keluar dari kesatuannya dan menjalani profesi sebagai supir taksi  karena kesatuannya tidak mengizinkan  beliau memiliki bisnis jualan beras untuk mencari tambahan penghasilan.  “Ketika itu Ibu Tin berkata, saya ingin hidup sebagai istri tentara dan meninggal sebagai istri tentara,”   Istri  tau keluarga adalah support penting dalam hidup dan bisnis kita.  Selain keluarga, teman dekat  (master minds) , orang-orang kepercayaan (inner circle),  Mentor bisnis,  dan guru spiritual yang bisa mengatakan tidak ketika kita melakukan sesuatu yang keliru.  “Pastikan  support system anda adalah orang-orang yang benar-benar bisa dipercaya yang menyayangi  anda  bukan menginginkan uang anda,”

Ketiga, Karakter.  Dahulukan karakter dari yang lain. Uang dan dan asset yang kita miliki tidak menjamin kita  menjadi kaya.  Karena uang dan asset itu dapat pergi kapan saja.  Orang yang tidak memiliki karakter,  dalam keadaan berlimpah asset dan materi dapat berakhir miskin. Sebaliknya, orang yang memiliki karakter, dalam keadaan bangkrut pun dapat bangkit menjadi lebih kaya dari sebelumnya.  Mengapa? “ Karena  yang hilang cuma uangnya tapi mental kaya  tetap dia miliki,”  Tidak hanya membangun kekayaan pribadi tetapi membangun kekayaan perusahaan bahkan negara sekalipun  karakter adalah hal terpenting untuk dibangun terlebih dulu.  Karakter yang membedakan datu orang dengan yang lain, satu bangsa dengan bangsa yang lain. Negara yang kaya dengan sumber alam tetapi bangsanya tidak memiliki karakter maka bangsa itu  akan menjadi bangsa miskin.  Sebaliknya, negara yang tidak memiliki sumber alam tetapi bangsanya  memiliki karakter maka bangsa itu menjadi bangsa kaya.

Keempat,  Menyukai apa yang Allah suka.  Hamba yang diperhatikan Allah adalah hamba yang mampu mencuri  perhatianNya.  Dalam hidup ini banyak yang sia-sia dan waktu terbuang percuma karena tidak digunakan  dalam kerangka iman dan amal sholeh.  Tak seorangpun mampu mengumpulkan harta dan kekuasaan. Pada waktunya semua itu akan hilang dan pergi begitu saja.  Maka, terhadap apa yang kita miliki lakukan sesuatu yang Allah sukai. Dan faktanya  hampir  semua  orang-orang kaya di dunia  melakukan sesuatu yang disukai Allah.  “Lihat saja bagaimana giving yang dilakukan oleh orang-orang terkaya di dunia?”    Nah, sebagai pebisnis kita harus memiliki  sesuatu yang kita lakukan secara istiqomah pekerjaan atau amalan yang Allah sukai.  Jangan hiraukan apa imbalannya karena Allah itu lebih cepat perhitungannya.

Kelima,  Keridho-an.  Banyak hal atau kejadian dalam hidup ini tidak seperti yang kita inginkan yang membuat kita kecewa.  Bahkan kita kerap mendapat perlakuan tidak adil hingga dizolimi.  Dalam keadaan seperti itu kita harus mampu mengendalikan diri.  Jika kita mampu mengendalikan diri maka kita mampu mengendalikan hidup kita.   Ketika  banyak hal yang kita terima dalam hidup ini tidak sempurna maka kita harus memiliki  sesuatu yang dapat merubah segalanya menjadi sempurna.  Sesuatu itu adalah Keridho-an.   Ridho artinya kita memiliki sikap ikhlas, sabar  dan menerima terhadap semua keadaan yang terjadi pada kita. “Sebuah kesalahan akan menjadi keberkahan  jika kita mengedepankan keridhoan,” keridhoan juga menjadi syarat datangnya petunjuk Allah kepada hamba-hambaNya
« Last Edit: April 19, 2013, 05:54:43 AM by Andi Jaderock »
WA/Telegram: 0822-6118-2991
Jabber: jaderock78@zm-mobile.com
Gtalk : jaderock168@gmail.com

Andi Jaderock

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,078
Re: Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan
« Reply #2 on: April 15, 2013, 09:04:17 PM »
Knock the Right Door



Usai memenangkan sebuah pertempuran, seorang  jenderal di sebuah kerajaan China kuno membawa pasukannya pulang ke kota raja.  Agar cepat sampai tujuan dia memerintahkan pasukannya mengambil jalan pintas hingga tiba di pinggir sebuah sungai yang cukup lebar. Sang Jendral kemudian bertanya kepada seorang anak kecil yang sedang bermain di tempat itu.

"Nak, bisa tidak kuda-kuda saya melewati sungai ini?" tanyanya.

"Bisa," jawab anak kecil itu dengan sangat  yakin.

Jendral  itupun memerintahkan pasukan untuk menyeberangi  sungai itu.  Makin ke tengah air makin dalam hingga Jendral dan pasukan berkudanya hanyut terbawa arus.  Dengan susah payah Jenderal ini menyelamatkan diri dengan berenang ke pinggir.  Di pinggir sungai dia bertemu lagi dengan anak kecil tadi.

"Hei  anak  kecil,..! tadi kamu bilang kami bisa menyeberang sungai ini," katanya dengan penuh amarah.  "Mengapa kamu bohong?"

"Saya tak tidak bohong,"  jawab anak kecil itu tenang. "Saya melihat kudamu besar-besar dan saya yakin kudamu bisa menyeberang.  Bebek saja yang tubuhnya jauh lebih kecil bisa dengan mudah menyeberang sungai ini," jawab anak ini tanpa rasa bersalah.

Cerita Cina kuno ini juga sering terjadi pada seorang entrepereneur ketika sedang menghadapi masalah. Dia bertanya kepada seseorang  yang dia anggap bisa menjawab masalahnya. Tetapi baru tahu bahwa jawabannya itu salah setelah masalah semakin dalam karena mengikuti saran itu.

Minggu lalu seorang pengusaha ekspedisi di Jakarta datang ke saya menceritakan tentang kerugian yang dialaminya. "Pak Heppy, saya baru kehilangan uang 4,2 miliar," begitu katanya. "Kok bisa?" tanyaku singkat.

"Uang itu  saya beli property setelah mendengar saran dari seorang trainer bisnis," jawabnya.

Pengusaha  ini kemudian panjang lebar menceritakan sejarah usahanya dan kronologis pertemuannya dengan trainer itu. Dari kisah pengusaha ini diketahui bahwa Sang trainer  yang memberi saran itu dulunya adalah seorang  professional yang dikenal  sebagai ahli marketing yang sangat  handal. Kemudian mengundurkan diri sebagai professional dan mendirikan sebuah lembaga training bisnis.

Trainer ini telah menolong puluhan perusahaan dengan meningkatkan angka penjualannya. Track Record ini yang membuat pengusaha tadi yakin mengikuti saran trainer itu. Padahal masalah yang dihadapinya bukan masalah penjualan tetapi keputusan untuk berinvestasi.

Atas saran Si Trainer pengusaha itu kemudian membeli property senailai 4,2 miliar dalam bentuk beberapa unit rumah. Akibatnya dia mengalami kesulitan cash flow sehingga mengganggu operasional usahanya.

Salahkah Si Trainer itu? Tidak. Dia tidak bermaksud menjerumuskan pengusaha itu. Bahkan sebaliknya ingin membantu pengusaha untuk keluar dari masalahnya.

Sama seperti anak kecil yang hampir menenggelamkan  jendral dan pasukannya tadi. Anak itu  tidak bermaksud menenggelamkan jendral dan pasukannya. Dia hanya menyarankan berdasarkan keyakinannya saja setelah membandingkan antara kuda dan bebek. Tetapi dia sendiri tidak pernah mengalami langsung bagaimana caranya menyeberangi sungai itu. Apalagi sampai mengetahui kedalaman air dan  kekuatan arusnya.

Agar tidak mengalami hal yang sama seperti  jendral itu maka kita harus bertanya kepada orang yang tepat sesuai dengan masalah yang kita hadapi. Ketika saya mengalami  kejatuhan usaha dan terlilit utang yang cukup besar saya memutuskan  mencari seorang mentor bisnis.

Teman dekat saya, seorang ustadz menasehati saya  dengan kalimat yang singkat yang selalu saya ingat, "Hep, mencari ilmu itu harus dengan ilmu". Dengan nasehat  singkat itu membuat saya selalu berupaya untuk mencari orang yang tepat  untuk bertanya tentang masalah bisnis saya.  Seorang mentor saya di Austin Texas menganjurkan untuk mencari orang yang tepat ini dengan sebuah ungkapan pendek, "Knock The Right Door".
WA/Telegram: 0822-6118-2991
Jabber: jaderock78@zm-mobile.com
Gtalk : jaderock168@gmail.com

ar_firman

  • User OtomaX
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 421
  • Man Jadda wajada
Re: Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan
« Reply #3 on: April 19, 2013, 08:59:59 PM »
Mantap pak, sampai larut saya mmbacanya.

TQ 4 share.  :)
Kuningan - West Java    26BF13D4

DISTRO PULSA

  • User OtomaX --
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 382
  • belajar,belajar&belajar
    • http://d2reload.blogspot.com/2012/04/daftar-harga-kur-pulsa.html
Re: Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan
« Reply #4 on: April 20, 2013, 07:16:14 PM »
Mantap juragan,tak ada kata yg terlewatkan
Software : Otomax 3.3.8  Edisi Standar
OID: CihRp8hf3Q_6lUbRPJ5paLRGPj$fHXtRaKAkfE
Hardware : ACER Intel(R)Pentium(R) Sandy Bridge CPU G620@, O.S WINS XP2
Modem single USB + HP CROSS D3C 9 pcs
Back Up : Inet Modem TRI AON,UPS 1200,GENSET 1000 watt (Just for PC SERVER)

inihariku

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,301
  • modal penampilan
Re: Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan
« Reply #5 on: April 20, 2013, 09:05:54 PM »
MANGSRABH PAK...ADA LAGI GAK PAK??   ;) ;) ;)
--- >>>  [ kuba ] RELOAD bali <<< ---
:: Penak Jamanku to ::
TELP / SMS BEBAS PULSA : 081 5578 5757
WA: 081333888131

islandreload

  • User OtomaX
  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 1,797
  • Tiada yang lebih nikmat selain bersyukur ^^
Re: Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan
« Reply #6 on: June 12, 2013, 08:28:55 AM »
luar biasa inspiratif pak    :)
evaluasi diri ;)
ISLAND RELOAD
Ym           : <= ada dibawah profile |
WA/LINE   : via ym | Pin Bbm     : via ym
READY INJECT PULSA ISAT DISC 28% - 30%
Orang Jujur Bicaranya Sederhana

purimppobindonesia

  • User OtomaX
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 156
  • Semakin Terdepan..
    • PurimPPOB Indonesia
Re: Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan
« Reply #7 on: June 13, 2013, 09:04:00 AM »
mantap...
PURIMPPOB INDONESIA | Web:www.purimppob.com
Supported by:Otomax Ultimate+(4 server+Switching PurimEngine ISO8583)+Server Satelit
H:081243381906/04112132466 |Jakarta|Makassar|Gowa|
Internet : Lintasarta Dedicated+Speedy Gold 2 Mbps

fexjoel

  • User OtomaX --
  • Newbie
  • *
  • Posts: 48
  • Berusaha Menjadi yang Terbaik :D
Re: Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan
« Reply #8 on: June 15, 2013, 10:42:33 PM »
sangat menginspiratif  :)
ALAMAT: Kp. Koleang Ds. Koleang Kec. Jasinga Kab. Bogor
YM CS : fexjoel@rocketmail.com
           : fexjoel_1168@yahoo.com
PIN BB : 742A84AA
No Hp : 085776991168

Nfcell

  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 229
  • Otomax Standart 3.4.4
Re: Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan
« Reply #9 on: June 16, 2013, 06:50:39 AM »
sangat menginspiratif  :)
Luar biasa

joecell

  • User OtomaX
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 148
    • Biller JoeCell
Re: Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan
« Reply #10 on: April 26, 2014, 08:01:48 PM »
Jos Gandos mpe mbledos
PIN BB : 54F9DC22
HP|WA|Telegram|Nimbuzz : +6285865412021

akarpro

  • User OtomaX
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 390
  • Profesional Server
    • agen pulsa murah
Re: Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan
« Reply #11 on: April 28, 2014, 02:21:11 AM »
Ringan dan berbobot

Dragon_Son

  • User OtomaX
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 340
  • EVOLUTION RELOAD
Re: Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan
« Reply #12 on: April 30, 2014, 03:52:34 PM »
MANTAPS
Yang Lain Bersandiwara
gw apa adanya aja

erwinmaya

  • Newbie
  • *
  • Posts: 32
Re: Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan
« Reply #13 on: May 06, 2014, 03:37:17 PM »
jika kita bisa mengubah pikiran kita dari keterpurukan menjadi sebuah motivasi untuk membuat kita sukses sesungguhnya kita sudah siap menjadi pengusaha
Luxionled: Supplier Lampu Led Dengan Berbagai Tipe di Indonesia.

ARDI66

  • User OtomaX
  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 213
Re: Ubah Keterpurukan Jadi Kesuksesan
« Reply #14 on: January 11, 2017, 04:13:58 AM »
mantappp om ;)
H2H PPOB KE ARTEER66. TRANSAKSI VIA IP DAN JABBER DIBANTU SETING SAMPAI JALAN ( Garansi Uang Kembali ) :)
LAPAK => http://forum.orisinil.com/index.php/topic,14509.0.html
www.arteer66.com
KAMI JUGA MELAYANI PEMBELIAN BARU - UPGRADE - PEMBAYARAN IURAN TAHUNAN OTOMAX DAN PEMBELIAN ADDON FOR OTOMAX :)