Ikut ach..
Analisa kami, hampir setiap perjanjian dalam hal sejenis di penghujung akhir ada kalimat:
Di buku tabungan Bank biasanya juga ada kalimat sejenis
Maaf, kalau salah...
Bos Aviva
Dalam Perjanjian terdahulu pernyataan " Perubahan sewaktu2 tanpa pemberitahuan terlebih dahulu"
tidak ada Pak, ini kami kutip dari salah satu mitra diler otomax:
Perjanjian lisensi
Penting: Bacalah perjanjian ini dengan seksama. Dengan menginstal dan menggunakan piranti lunak OtomaX (software) berarti Anda telah membaca dan setuju dengan perjanjian ini.
PERJANJIAN LISENSI PENGGUNA AKHIR
1. DEFINISI
Software berarti piranti lunak OtomaX – Orisinil Topup Machine
Pengembang berarti Yusuf Arief Rahmanto, yang mengembangkan Software
Perwakilan berarti rekanan yang secara resmi ditunjuk Pengembang untuk melayani pengguna dan calon pengguna
SIM Card Terlisensi berarti SIM Card yang secara spesifik digunakan Software dalam proses verifikasi lisensi
Masa Berlaku adalah masa atau periode dimana pengguna bisa mendapatkan pelayanan seperti dukungan teknis (sesuai ketentuan yang berlaku), Upgrade, dan Update, termasuk melakukan penggantian SIM Card. Masa Berlaku dapat diperpanjang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Masa Berlaku Awal adalah satu (1) tahun terhitung sejak registrasi / pembelian (sesuai waktu yang tercatat di server Pengembang).
2. PEMBERIAN LISENSI; KETENTUAN TERKAIT
Pemberian Lisensi. Pengembang, sebagaimana diatur oleh syarat dan ketentuan Perjanjian ini, dengan ini memberi Anda lisensi non-eksklusif dan tidak dapat dipindahtangankan selama Masa Berlaku untuk menggunakan software dan/atau Layanan ini hanya dalam bentuk dapat dieksekusi atau kode obyek saja, jika berlaku, dan hanya untuk Keperluan yang Diizinkan sesuai dengan Ketentuan yang Berlaku.
SIM Card Terlisensi. Software mengecek SIM Card untuk verifikasi lisensi. Anda mengetahui dan memahami bahwa kerusakan pada SIM Card Terlisensi dapat menyebabkan software tidak bekerja. Anda bertanggung jawab penuh untuk memelihara termasuk menjaga masa aktif dari SIM Card tersebut. Bila SIM Card Terlisensi rusak, maka Anda dapat mengajukan lisensi penggantian dengan SIM Card pengganti. Anda sendiri yang menyediakan fisik SIM Card pengganti, untuk kemudian meminta Serial Number baru kepada pengembang atau perwakilannya. Penggantian SIM Card Terlisensi akan dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku saat penggantian. Dan Anda bersedia mengirimkan SIM Card Terlisensi yang lama kepada pengembang, dimana Anda yang menanggung segala biaya yang timbul akibat pengiriman tersebut. Penggantian SIM Card Terlisensi dibatasi maksimal 1 kali dalam sebulan, dan 3 kali dalam setahun. Bila dirasa mencurigakan, pengembang berhak secara sepihak menolak pemintaan penggantian SIM Card Terlisensi.
Pembatasan. Anda tidak boleh, dan tidak boleh mengizinkan pihak ketiga mana pun untuk, (i) menggandakan Software ini untuk tujuan apa pun selain yang diperlukan untuk menggunakannya secara wajar sebagaimana dipertimbangkan dalam Perjanjian ini dan untuk keperluan pengarsipan off-line dan pemulihan setelah bencana, (ii) menginstal Software ini pada komputer lain selain yang diizinkan oleh Ketentuan yang Berlaku, (iii) kecuali diizinkan secara tertulis oleh Pengembang, menggunakan Nomor Seri apa pun yang disediakan oleh Pengembang sehubungan dengan Software ini pada lebih dari satu (1) komputer pada waktu kapan pun, (iv) memberitahukan Nomor Seri apa pun ke pihak mana pun selain Pengembang atau, sebagaimana diperlukan untuk mendapatkan layanan pendukung yang terkait dengan Software ini, perwakilan yang ditunjuk oleh Pengembang, (v) menerbitkan Software ini atau Nomor Seri apa pun atau menggunakannya selain untuk Keperluan yang Diizinkan, (vi) merekayasa balik, membongkar, memecah, menerjemahkan, merekonstruksi ulang, mengubah atau mengekstrak Software ini atau bagian mana pun darinya kecuali diizinkan secara tertulis oleh hukum, (vii) mengganti, memodifikasi, membajak atau mengubah Software ini kecuali diizinkan secara tertulis oleh hukum, (viii) mentransfer, menggadaikan, menyewakan, membagi atau mensublisensikan Software ini sesuai dengan Ketentuan yang Berlaku, (ix) memberi pihak ketiga mana pun akses ke atau penggunaan atas Software ini pada biro layanan, timesharing, layanan berlangganan atau penyedia layanan aplikasi atau usaha serupa lainnya.
Update. Pengembang, dari waktu ke waktu, mungkin menyediakan pembaruan (“Update”) untuk Software ini. Pengembang, sesuai ketentuan yang berlaku pada Perjanjian ini, memberikan Anda lisensi untuk menggunakan Update, selama masih dalam Masa Berlaku, sesuai dengan tanggal keluarnya Update tersebut. Anda tidak diijinkan menggunakan Update bila tanggal keluar Update sudah melewati Masa Berlaku, kecuali Anda memperpanjang Masa Berlaku terlebih dahulu. Anda setuju bahwa Update disediakan untuk menyempurnakan atau memperbaiki kesalahan-kesalahan pada Software. Anda menerima bahwa Pengembang, dengan pertimbangannya sendiri, dapat menghentikan Update untuk semua versi Software ini.
Komentar Pelanggan. Pengembang mengundang komentar Anda sehubungan dengan Layanan dan/atau Software ini, termasuk pemberitahuan bahwa Anda telah mengalami kegagalan, kesalahan atau malfungsi Software, dan saran untuk fitur dan fungsi tambahan atau yang berbeda. Harap kirim komentar dan saran Anda menggunakan formulir web yang tersedia di
www.otomax-software.com/feedback. Pengembang tidak berkewajiban untuk menanggapi atau menindaklanjuti segala komentar atau saran tersebut, tetapi Anda memberi Pengembang hak dan lisensi yang bersifat terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, terbayar sepenuhnya, bebas royalti, dan berlaku di seluruh dunia berdasarkan hak kekayaan intelektual Anda (jika ada) untuk menerapkan komentar dan saran Anda dalam Software ini, Layanan ini, dan produk dan layanan lain yang diberikan oleh Pengembang, perusahaan afiliasinya, dan para pemberi lisensi mereka, para penerima lisensi mereka, para penerus mereka dan para penerima hak mereka.
Pelatihan. Pengembang menyetujui bahwa pembelian Software sudah termasuk satu (1) kali pelatihan tentang cara penggunaan Software. Pelatihan yang dimaksud adalah pelatihan cara penggunaan Software yang sifatnya sangat mendasar, tidak termasuk cara penggunaan tingkat lanjut diantaranya (namun tidak terbatas pada) Ekspresi Reguler, dan parameter balasan. Anda memahami bahwa pelatihan tidak dilakukan oleh Pengembang, melainkan oleh Perwakilan tempat Anda melakukan pembelian. Tata cara dan waktu pelatihan akan ditentukan oleh Perwakilan. Jika dalam beberapa hari, bukan karena Anda menolak dan/atau sibuk, Anda tidak mendapatkan pelatihan, Anda dapat menyampaikan keluhan Anda melalui formulir feedback yang tersedia atau menggunakan hak Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada bagian 4. JAMINAN.
Dukungan Teknis. Pengembang dan Perwakilannya menyediakan dukungan teknis bagi pengguna Software selama masih dalam Masa Berlaku. Dukungan teknis dilakukan melalui surat elektronik dan/atau situs, dengan waktu respon satu (1) hari kerja. Dukungan teknis melalui media lain seperti pesan instan, telepon, atau kendali jarak jauh, tidak termasuk dalam Perjanjian ini. Dukungan teknis tidak termasuk untuk, maupun gangguan-gangguan yang disebabkan oleh, piranti lunak dan perangkat keras lain yang bukan dibuat oleh Pengembang, seperti (namun tidak terbatas pada) Sistem Operasi, SQL Server, atau Anti Virus.
3. KEPEMILIKAN
Pengembang memegang semua hak dalam software yang tidak diberikan oleh Perjanjian ini. Semua hak cipta, merek dagang dan hak kekayaan intelektual (termasuk, namun tidak terbatas pada, file data, gambar dan semua dokumen terkait dengan software) adalah milik pengembang atau pemberi lisensinya, dan dilindungi oleh hukum hak cipta, perjanjian internasional dan hukum yang berlaku lainnya.
4. JAMINAN
Pengembang menjamin bahwa dalam jangka waktu lima belas (15) hari terhitung dari tanggal pembelian, software dapat bekerja sebagaimana mestinya sesuai dengan spesifikasi yang berlaku. Jaminan diatas hanya berlaku untuk pembelian baru, dan tidak berlaku untuk Update maupun Upgrade. Apabila jaminan diatas tidak dapat dipenuhi maka Anda berhak untuk mendapatkan pengembalian dana. Untuk menggunakan hak Anda tersebut, Anda harus menghapus instalasi, menghancurkan semua salinan software yang mungkin sudah Anda buat (termasuk semua salinan arsip) dan jika pembelian disertakan dengan CD, kembalikan CD lengkap sesuai paket aslinya, serta mengirimkan SIM Card Terlisensi kepada kami. Anda menanggung seluruh biaya yang dikeluarkan untuk keperluan pengiriman tersebut.
5. BATASAN TANGGUNG JAWAB
Pengembang atau perwakilannya tidak bertanggung jawab atas segala kerugian termasuk hilangnya keuntungan atau pendapatan usaha, peluang bisnis atau gangguan bisnis lainnya, yang timbul atas penggunaan software, walaupun jika pengembang sudah diberitahu atas kemungkinan terjadinya hal-hal tersebut.
6. LAIN-LAIN
Anda memahami bahwa software dapat mengirimkan informasi tertentu terkait pengecekan lisensi, termasuk informasi pengguna dan informasi tentang piranti lunak dan perangkat keras komputer Anda seperti IP Address, dan Sistem Operasi. Informasi digunakan semata-mata untuk keperluan verifikasi lisensi dan tidak dipublikasikan kepada umum. Software tidak mengumpulkan, menyimpan informasi yang bersifat rahasia seperti nomor rekening, saldo bank, password, data transaksi selain di komputer pengguna, kecuali ada perjanjian khusus yang mengijinkannya.
Perjanjian ini disusun dengan bahasa Indonesia. Walaupun pengembang mungkin saja menyediakan beberapa terjemahan, namun versi Bahasa Indonesia yang akan dijadikan acuan.
dikutip dari :
http://software-otomax.com/perjanjian-lisensi/Semoga Produsen Otomax juga memperhatikan : UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN
Khususnya tentang BAB V Ketentuan Pencantuman Klausula Baku Pasal 18 ayat 1 Point g
(1) Pelaku usaha dalam menawarkan barang dan/atau jasa yang ditujukan untuk diperdagangkan dilarang membuat atau
mencantumkan klausula baku pada setiap dokumen dan/atau perjanjian apabila:
g. menyatakan tunduknya konsumen kepada peraturan yang berupa aturan baru, tambahan, lanjutan dan/atau
pengubahan lanjutan yang dibuat sepihak oleh pelaku usaha dalam masa konsumen memanfaatkan jasa yang dibelinya
Dikutip Dari:
http://siswaspk.kemendag.go.id/artikel/123